Home / Artikel / Waduh, Kemenangan Trump Dianggap Buruk untuk Industri Pariwisata Dunia

Waduh, Kemenangan Trump Dianggap Buruk untuk Industri Pariwisata Dunia

London – Pemilu AS yang dimenangkan Donald Trump berdampak ke pariwisata global. Dalam laporan World Travel Market 2016, kemenangannya dinilai tak bagus bagi pariwisata.Dalam pertemuan World Travel Market 2016 (WTM) di London 7-9 November 2016, turut dibahas sejumlah isu strategis terkait yang akan berpengaruh pada industri pariwisata di tahun 2017. Salah satunya adalah pemilihan Presiden AS yang dimenangkan oleh Donald Trump.

Hasilnya pun tercantum dalam laporan World Travel Market 2016 di situs resminya. Dilihat detikTravel dari situs WTM 2016, Jumat (11/11/2016) setidaknya enam dari 10 pelaku industri pariwisata lebih percaya pada keahlian Hillary ketimbang Trump untuk urusan pariwisata.

Sedangkan, hanya 7 persen pelaku industri pariwisata yang percaya Trump akan membuat bisnis pariwisata jadi lebih baik. Sisanya memilih netral.

Sementara, ketika ditanya kandidat presiden AS mana yang dinilai terbaik untuk industri pariwisata dan travel global, Hillary Clinton meraih 36 persen. Donald Trump hanya meraih kepercayan 10 persen. Sementara sisanyanya netral atau menjawab tidak tahu.

Survey dari pelaku pariwisata (Industry Survey)Survey dari pelaku pariwisata (Industry Survey)

Sentimen negatif itu pun muncul sebagai akibat dari sejumlah pernyataan Trump yang kontroversial. Contohnya seperti ucapan Trump yang menyebutkan kalau ia ingin membangun tembok di antara perbatasan AS dan Meksiko. Termasuk juga keinginannya untuk melarang traveler Muslim memasuki AS.

Pernyataan Trump tersebut juga menimbulkan keresahan di kalangan pegiat industri pariwisata. Bahwa ada kemungkinan kalau liburan ke AS akan menjadi lebih sulit terkait kemenangan Trump sebagai Presiden.

Ilustrasi Donald Trump dan Hillary Clinton (Reuters)Ilustrasi Donald Trump dan Hillary Clinton (Reuters)

Menyadari kemungkinan tersebut, Presiden sekaligus Chief Executive Brand USA’s, Chris Thompson, meyakinkan sejumlah pengunjung dan rekan pelaku pariwisata di WTM 2016 untuk mendukung Presiden AS terpilih.

Ditambahkan oleh Chris, bahwa hasil dari pemilu AS tidak akan mempengaruhi kesuksesan yang ingin dicapai oleh para pelaku pariwisata asal Negeri Paman Sam. Terutama untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke AS. (rdy/fay)

http://travel.detik.com/read/2016/11/11/193058/3343473/1382/waduh-kemenangan-trump-dianggap-buruk-untuk-industri-pariwisata-dunia

Comments

comments

Check Also

Wagub NTB Tekankan Pentingnya Kebersihan untuk Perkuat Destinasi Wisata

Gili Trawangan – Lokasi wisata di Nusa Tenggara Barat tidak lepas dengan permasalahan sampah. Tak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *