Home / Travel Stories / PUTRI Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Atasi Masalah di Taman Rekreasi

PUTRI Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Atasi Masalah di Taman Rekreasi

tasafJakarta – Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) mengimbau pemerintah pusat dan daerah harus turun tangan mengatasi masalah di taman rekreasi. Mulai dari kemacetan sampai soal kenyamanan wisatawan.

PUTRI baru saja mengadakan rapat konsolidasi dengan seluruh Dewan Pimpinan Pusat PUTRI dan Muspida Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan ini, dibahas berbagai hal penting, terutama bagaimana meningkatkan wisatawan lokal dan manca negara di taman rekreasi Tanah Air. Acara konsolidasi tersebut digelar di Hotel Lodge Safari, Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (8/8/2016).

Di lokasi hadir Ketua Umum DPP PUTRI Bambang Soetanto, Ketua III Putu Supadma Rudana, Ketua IV Frans Manangsang, anggota Komisi V DPR Anton dari Fraksi Demokrat Anton Sukartono Suratto. Hadir pula para pengurus DPP Putri dan Muspida setempat.

Dalam acara itu, Bambang memaparkan keinginannya agar PUTRI organisasi yang didirikan 10 November 1977 ini bisa kembali bangkit. PUTRI memang cukup lama mati suri sebelum ‘dibangkitkan’ lagi saat Munas Luar Biasa atau Munas III pada 24 April 2016 lalu.

“Program-program semua sudah ada, penyempurnaan AD dan ART sudah ada. Sehingga program berikutnya adalah bagaimana PUTRI nanti bisa membentuk DPD-DPD tingkat 1 di 33 provinsi. Mohon agar kepala pariwisata di daerah semua memfasilitasi untuk pembentukan DPD tingkat 1, surat sudah kirim semua ke kepala dinas pariwisata dan ditembuskan ke gubernur,” kata Bambang.

“Kalau sudah terbentuk maka akhir Agustus ini kita ingin ada Rakernas DPP PUTRI di Jakarta yang nantinya akan melantik dan mengukuhkan semua DPD, terus kita melaksanakan program kerja secara nyata. Apabila itu sudah terlaksana maka kita akan terus bangkit,” sambungnya memaparkan.

PUTRI pun akan mendukung pemerintah khususnya dalam hal ini Kementerian Pariwisata dalam target kunjungan turis sebanyak 22 juta dan wisatawan dalam negeri sebanyak 275 juta perjalanan di 2019. PUTRI turut mengimbau agar pemerintah pusat dan daerah turun tangan untuk menyelesaikan persoalan di taman rekreasi.

Indonesia punya banyak taman rekreasi. Taman rekreasi juga yang menjadi alasan turis atau wisatawan dalam negeri untuk liburan. Namun tak dipungkiri, agar taman rekreasi makin nyaman dikunjungi turis maka selain pihak taman rekreasinya sendiri, diharapkan pemerintah pusat dan daerah ikut membantu.

Contohnya seperti masalah kemacetan di salah satu taman rekreasi di kawasan Bogor, yakni Taman Safari Indonesia. Kemacetan di sana jadi bukti, membludaknya pengunjung dan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat setempat. Di lain sisi, kenyamanan para pengunjung juga harus diperhatikan.

“Misalnya contoh Taman Safari Indonesia ini berkembangnya luar biasa. Tapi kalau pemda tidak memperhatikan atau memberi dukungan, apakah masuk Taman Safari itu lancar atau macet, pasti itu akan menghambat. Lalu dengan adanya Taman Safari ini pasti akan timbul pengembangan ekonomi kerakyatan, kalau tidak diatur, pasti akan menganggu,” papar Bambang juga menjabat Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

(aff/aff)

http://travel.detik.com/read/2016/08/09/120152/3271458/1382/putri-minta-pemerintah-pusat-daerah-atasi-masalah-di-taman-rekreasi

Check Also

Jangan ke Pulau Komodo di Bulan Agustus-September, Mendingan Jangan

Labuan Bajo – Siapa yang tak mau lihat komodo secara langsung? Naga Purba ini gahar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *