Home / Travel Stories / Menikmati Alam Hijau di Bukit Gunuang Padang

Menikmati Alam Hijau di Bukit Gunuang Padang

detikTravel Community –  

Liburan ke Padang, tidak boleh lupa melihat alamnya yang hijau. Di Bukit Gunuang Padang, traveler bisa menikmati alam hijau yang sejuk.

Gunuang Padang, begitu warga Padang menyebut sebuah bukit yang berada di pesisir pantai. Menjulang tinggi di antara pemukiman penduduk. Kondisi bukit yang tinggi itu menjadi alasan daerah ini disebut Gunuang Padang.

Menawarkan kondisi yang masih alami di tengah pepohonan yang menjulang dan suara hempasan ombak di sebelah sisinya. Perjalanan menuju atas Gunuang Padang, memberi kesan yang menyenangkan. Tak heran tempat ini menjadi salah satu objek wisata favorit, baik bagi warga lokal atau dari luar daerah.

Untuk menuju tempat ini sangatlah mudah. Berjalanlah menuju Muaro Padang dan menelusuri sungai Batang Arau. Sebuah gerbang akan menyambut kedatangan. Namun, bukan berarti perjalanan sudah selesai. Inilah awal di mana Anda akan diarahkan menampaki sekitar 300 lebih anak tangga untuk menuju bagian puncak perbukitan ini.

Sebuah taman menyambut Anda sekedar melepas lelah. Berjalanlah di setiap sudut taman, sebuah pemandangan menakjubkan membuat decak kagum. Tempat ini merupakan Taman Siti Nurbaya, tentu sebuah nama yang tak asing lagi.

Yah, legenda dari novel Marah Rusli ini cukup populer di Indonesia. Tentang kasih cinta yang tak tersampaikan. Kabarnya di tempat ini juga terdapat makam Siti Nurbaya.

Maka lupakan sejenak kisah cinta memilukan tersebut, nikmati atmosfer alami perbukitan ini. Menikmati pesisir kota Padang dari ketinggian Taman Siti Nurbaya. Melepas pandangan pada beberapa pulau seperti Pulau Pisang dan luasnya lautan Samudera Hindia.

Tak sekedar menawarkan panorama nan indah, tempat ini juga menyimpan sejarah di masa penjajahan. Ini terlihat dari sisa bunker yang bisa kita temui dalam perjalanan.

Saya pun berpikir, mungkin tempat ini dijadikan markas pos penjaga untuk mengintai jalur perdagangan atau musuh di masa itu. Yup, mengingat lokasinya terbilang strategis.

Berada di alam bebas, Bukit Gunuang Padang dihuni beberapa hewan. Salah satunya monyet yang bisa Anda temui dalam perjalanan menuju Taman Siti Nurbaya. Jangan takut, mereka cukup ramah selama Anda tak menganggu mereka. Berjalanlah seperti biasa, melewati mereka begitu saja.

Di Taman Siti Nurbaya pun, Anda dapat menyaksikan keriangan monyet ini bermain dengan koleganya. Tenang, jangan takut kelaparan, di tempat ini tersedia warung yang bisa melampiaskan rasa lapar dan haus, serta fasilitas toilet dan Mushola. Gunuang Padang bisa jadi alternatif destinasi liburan Anda saat menyinggahi kota Padang

http://travel.detik.com/read/2016/08/10/171700/3266991/1025/menikmati-alam-hijau-di-bukit-gunuang-padang

Check Also

Jangan ke Pulau Komodo di Bulan Agustus-September, Mendingan Jangan

Labuan Bajo – Siapa yang tak mau lihat komodo secara langsung? Naga Purba ini gahar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *